Langsung ke konten utama

Pengenalan Android IDE, Fitur, Activity Serta Shortcut pada Android Studio

Apa Itu Android Studio?

Pertama kali Android Studio diumumkan di Google I/O Conference pada tahun 2013 dan dirilis ke publik pada tahun 2014. Sebelum lahirnya Android Studio, aplikasi pada Android dikembangkan dengann Eclipse IDE yaitu IDE Java. Setelah adanya android studio yang open source dapat memudahkan bagi Anda yang ingin membuat aplikasi dengan Android Studio.
Android dapat menyediakan interface untuk Anda dalam membuat aplikasi serta mengelola manajemen filen aplikasi anda.  Untuk bahasa programman anda gunakan adalah Java. Dalam Android Studio, anda hanya tinggal menulis, mengedit, menyimpan  dan testing project beserta dan file lainnya yang ada dalam project itu hanya dengan android studio.
Tidak hanya itu, keunggulan menggunakan Android Studio juga memberi Anda akses ke Android Software Development Kit (SDK). SDK adalah sebuah ekstensi dari kode Java yang memperbolehkannya untuk berjalan dengan mulus di device Android. Untuk, Java nya dibutuhkan untuk menulis program, Android SDK sangat diperlukan untuk menjalankan programnya di Android. Maka dari itu dengan menggabungkan keduanya, Anda memerlukan Android Studio. Sehingga ketika Anda menemukan bug pada aplikasi Anda, Anda bisa mengetahui bug tersebut dengan menggunakan Android Studio untuk memperbaikinya. Berikut ini adalah beberapa fitur Android Studio:
  • Environment yang mempermudah Anda untuk mengembangkan aplikasi untuk Android
  • Support dalam mengembangkan aplikasi Android TV dan Android Wear
  • Template untuk menentukan design dan komponen Android
  • Editor layout dengan interface drag-and-drop
  • Refactoring dan perbaikan cepat khusus Android
  • Dukungan build berbasis Gradle
  • Integrasi ProGuard
  • Emulator yang cepat dan berbagai fitur didalamnya
  • Dapat terintegrasi dengan Google Cloud Messaging dan App Engine
  • Dukungan program basic C++ dan NDK

Fitur yang tersedia saat ini dalam stable version
  • Dukungan Gradle-based build
  • Android-specific refactoring dan perbaikan cepat
  • Lint tools untuk menangkap kinerja, kegunaan, kompatibilitas versi, dan masalah lainnya
  • Integrasi Proguard dan kemampuan penananda tanganan aplikasi
  • Template-based wizards untuk membuat template design umum seperti drawer atau empty activity
  • Mendukung untuk pengembangan aplikasi Android Wear.
  • Editor tata letak yang memungkinkan pengguna untuk menyeret dan menjatuhkan (drag-and-drop) komponen UI, opsi untuk melihat tata letak pada beberapa konfigurasi layar
  • Dukungan bawaan untuk Google Cloud Platform, memungkinkan integrasi dengan Firebase Cloud Messaging (‘Perpesanan Google Cloud’ Sebelumnya) dan Google App Engine
  • Android Virtual Device (Emulator) untuk menjalankan dan men-debug aplikasi di studio Android.
  • Jetpack compose support
  • Motion editor
  • Layout inspector
  • Emulator Anda bisa membagi/split emulator anda menjadi berbagai ukuran dengan state yang berbeda-beda, dengan maksimal 3 bagian. Ini akan memudahkan anda untuk tes dua aplikasi yang saling terhubung.
  • Upgrade UI CPU profiler
  • Jendela build speed
  • Multi Preview alat visual untuk mempratinjau tata letak secara bersamaan di berbagai perangkat dan konfigurasi, yang dapat membantu menemukan kemungkinan masalah dalam tata letak Anda.
  • Live layout inspcector
  • roperty values resolution stack Menyelidiki tempat asal nilai properti resource dalam kode sumber dan membuka lokasinya dengan mengikuti di panel properties.
  • dan masih banyak lagi lainnya.
 Activity adalah komponen yang dapat dilihat oleh pengguna, sehingga mereka dapat berinteraksi dengan aplikasi. Bila dengan dibandingkan dengan aplikasi web dan desktop, aktivity sama seperti halaman dan form. Activity tidak hidup abadi selamanya, dia bisa diciptakan dan dihancurkan. Activity memiliki siklus hidup (lifecycle) yang merupakan kondisi yang akan dialami saat diciptakan sampai dihancurkan.



Penjelasan :
  • onCreate() adalah kondisi awal saat Activity baru diciptakan, biasanya dilakukan inisialisasi pada tahapan ini.
  • onStart() adalah saat Activity dimulai
  • onResume() adalah saat Activity dibuka kembali, biasanya dieksekusi setelah onPause()
  • onPause() akan dipanggil saat ada Activity lain yang terbuka 
  • onStop() adalah kondisi saat Activity tidak ditampilkan dilayar (biasanya saat pengguna menekan tombol Home)
  • onRestart() adalah kondisi saat Activity kembali dibuka oleh pengguna
  • onDestroy() adalah kondisi saat Activity dihancurkan pada memory

Pintasan keyboard

Android Studio menyertakan pintasan keyboard untuk berbagai tindakan umum. Tabel 1 menunjukkan pintasan keyboard default menurut sistem operasi. Perlu diingat, karena Android Studio didasarkan pada IntelliJ IDEA

Deskripsi
Windows/Linux
Mac
Umum


Menyimpan semua
Control+S
Command+S
Menyinkronkan
Control+Alt+Y
Command+Option+Y
Memaksimalkan/meminimalkan editor
Control+Shift+F12
Control+Command+F12
Menambahkan ke favorit
Alt+Shift+F
Option+Shift+F
Memeriksa file saat ini dengan profil saat ini
Alt+Shift+I
Option+Shift+I
Beralih skema dengan cepat
Control+` (petik tunggal terbalik)
Control+` (petik tunggal terbalik)
Membuka dialog setelan
Control+Alt+S
Command+, (koma)
Membuka dialog struktur project
Control+Alt+Shift+S
Command+; (titik koma)
Beralih antara tab dan jendela fitur
Control+Tab
Control+Tab
Menavigasi dan menelusuri di dalam Studio
Menelusuri semuanya (termasuk kode dan menu)
Tekan Shift dua kali
Tekan Shift dua kali
Mencari
Control+F
Command+F
Mencari berikutnya
F3
Command+G
Mencari sebelumnya
Shift+F3
Command+Shift+G
Mengganti
Control+R
Command+R
Mencari tindakan
Control+Shift+A
Command+Shift+A
Menelusuri menurut nama simbol
Control+Alt+Shift+N
Command+Option+O
Mencari class
Control+N
Command+O
Mencari file (bukan class)
Control+Shift+N
Command+Shift+O
Mencari di jalur
Control+Shift+F
Command+Shift+F
Membuka pop-up struktur file
Control+F12
Command+F12
Menavigasi antara tab editor yang terbuka
Alt+Panah Kanan atau Panah Kiri
Control+Panah Kanan atau Control+ Panah Kiri
Beralih ke sumber
F4 atau Control+Enter
F4 atau Command+Panah Bawah
Membuka tab editor saat ini dalam jendela baru
Shift+F4
Shift+F4
Pop-up file yang baru saja dibuka
Control+E
Command+E
Pop-up file yang baru saja diedit
Control+Shift+E
Command+Shift+E
Menuju lokasi edit terakhir
Control+Shift+Backspace
Command+Shift+Delete
Menutup tab editor aktif
Control+F4
Command+W
Kembali ke jendela editor dari jendela fitur
Esc
Esc
Menyembunyikan jendela alat aktif atau yang terakhir aktif
Shift+Esc
Shift+Esc
Menuju ke baris
Control+G
Command+L
Membuka hierarki jenis
Control+H
Control+H
Membuka hierarki metode
Control+Shift+H
Command+Shift+H
Membuka hierarki panggilan
Control+Alt+H
Control+Option+H
Alat desain: Editor Tata Letak


Beralih antara mode Design dan Blueprint
B
B
Beralih antara mode Portrait dan Landscape
O
O
Beralih perangkat
D
D
Memaksa refresh
R
R
Beralih panel error render
E
E
Menghapus batasan
Delete atau Control+klik
Delete atau Command+klik
Memperbesar
Control+plus
Command+plus
Memperkecil
Control+minus
Command+minus
Menyesuaikan
Control+0
Command+0
Menggeser
Tahan Spasi+klik dan tarik
Tahan Spasi+klik dan tarik
Membuka XML
Control+B
Command+B
Memilih semua komponen
Control+A
Command+A
Memilih banyak komponen
Shift+klik atau Control+klik
Shift+klik atau Command+klik
Alat desain: Editor Navigasi


Memperbesar
Control+plus
Command+plus
Memperkecil
Control+minus
Command+minus
Menyesuaikan
Control+0
Command+0
Menggeser
Tahan Spasi+klik dan tarik
Tahan Spasi+klik dan tarik
Membuka XML
Control+B
Command+B
Beralih panel error render
E
E
Mengelompokkan ke dalam grafik bersarang
Control+G
Command+G
Berpindah-pindah tujuan
Tab atau Shift+Tab
Tab atau Shift+Tab
Memilih semua tujuan
Control+A
Command+A
Memilih beberapa tujuan
Shift+klik atau Control+klik
Shift+klik atau Command+klik
Membuat dan menjalankan


Membuat
Control+F9
Command+F9
Membuat dan menjalankan
Shift+F10
Control+R
Menerapkan Perubahan dan Memulai Ulang Aktivitas
Control+F10
Control+Command+R
Menerapkan Perubahan Kode
Control+Alt+F10
Control+Shift+Command+R
Proses Debug


Debug
Shift+F9
Control+D
Melangkahi
F8
F8
Melangkah masuk
F7
F7
Melangkah masuk secara cerdas
Shift+F7
Shift+F7
Melangkah keluar
Shift+F8
Shift+F8
Menjalankan ke kursor
Alt+F9
Option+F9
Mengevaluasi ekspresi
Alt+F8
Option+F8
Melanjutkan program
F9
Command+Option+R
Beralih titik henti sementara
Control+F8
Command+F8
Menampilkan titik henti sementara
Control+Shift+F8
Command+Shift+F8
Pemfaktoran ulang


Menyalin
F5
F5
Memindahkan
F6
F6
Menghapus dengan aman
Alt+Delete
Command+Delete
Mengganti nama
Shift+F6
Shift+F6
Mengubah tanda tangan
Control+F6
Command+F6
Inline
Control+Alt+N
Command+Option+N
Mengekstrak metode
Control+Alt+M
Command+Option+M
Mengekstrak variabel
Control+Alt+V
Command+Option+V
Mengekstrak kolom
Control+Alt+F
Command+Option+F
Mengekstrak konstanta
Control+Alt+C
Command+Option+C
Mengekstrak parameter
Control+Alt+P
Command+Option+P






Postingan populer dari blog ini

Dampak Buruk Terhadap Illegal Content

            Pada era kemajuan teknologi informasi dan komunikasi semakin pesat disertai dengan banyak bermunculan perangkat-perangkat komunikasi yang menawarkan kecanggihan dan kemudahan termasuk kemudahan dalam berselancar di dunia maya dengan cepat dan hemat. Internet seolah menjadi hal yang wajib bagi setiap perangkat komunikasi saat ini. Kecanggihan teknologi tersebut juga diimbangi dengan tumbuh tingginya tindakan-tindakan kriminal dalam dunia komunikasi dan informasi. Cybercrime merupakan bentuk-bentuk kejahatan yang timbul karena pemanfaatan teknologi internet. Kebutuhan akan teknologi jaringan komputer semakin meningkat. Selain sebagai media penyedia informasi, melalui internet pula kegiatan komunitas komersial menjadi bagian terbesar dan terpesat pertumbuhannya serta menembus berbagai batas negara. Bahkan melalui jaringan ini kegiatan pasar di dunia bisa diketahui selama 24 jam. Melalui dunia internet atau disebut juga cyberspace, apapun dapat dilakukan. Segi positif dari du

Membuat Rangkaian Sederhana Menggunakan Diptrace

  1. Pertama buka Diptracenya terlebih dahulu lalu pilih PCB Layout       2. lalu akan ditampil dari seluruh menu dan fitur pada Diptrace     3. untuk menggunakan komponennya terdapat dimenu sebelah kiri layar, bisa mencari menual menggunakan menu filter.     4. Kumpulkan komponen yang ingin digunakan pada layer layout pcb yang telah disediakan     5. Buat jalur yang diinginkan agar komponen saling terhubung dapat menggunakan fitur Route Manual, untuk mengedit jalur dapat digunakan fitur Edit Trace atau Free Trace Editing 6. Ohiyaa untuk komponen yang saya gunakan ada dibawah ini, bisa disesuaikan dengan keperluan masing-masing 7. Jika sudah dikumpulkan komponennya sambungkan semua komponen hingga membentuk tampilan layout pcb sesuai jaulurnya dapat dilihat seperti gambar dibawah ini   8. Jika sudah kita dapat membuat kotak pada sekitaran layout pcb.     9. kalau

Dasar Pengkabelan

Pengkabelan Pengertian Pengkabelan Jaringan komputer Kabel Jaringan adalah kabel yang menghubungkan antara komputer dengan komputer, dari server ke swich dan yang lainya.kabel  jaringan juga bisa sebagai perantara pengguna dengan pengguna lainya dalam satu wilayah lokal seperti (warnet, kantor perusahaan dll). selain itu kabel jaringan juga bisa disebut dengan kabel UTP (Unshielded Twisted Pair) yang sering digunakan untuk LAN dan kabel telpon. Kabel UTP sendiri terdiri dari empat warna konduktor tembaga yang setiap pasangannya berpilih. Kabel UTP terhubung ke perangkat melalui konektor modular yaitu 8 pin yang biasa kita sebut sebagai RJ-45, dan semua protokol LAN dapat beroprasi melalui kabel UTP. Dan kebanyaka perangkat LAN dilengkapi oleh konektor RJ-45. Di dalam dunia IT kabel UTP juga bisa disebut dengan kabel LAN (Local Area Network) Dibawah ini adalah contoh kabel UTP atau LAN (Local Area Network) dan RJ-45 Jenis – Jenis Kabel Jaringan Computer Untuk membuat suatu j